Cara Bikin Irit Kijang Kapsul Efi

Cara Bikin Irit Kijang EFI dengan Mudah

Cara Bikin Irit Kijang EFI dengan Mudah

Ada banyak cara yang bisa dicoba untuk bikin irit mobil seperti Kijang EFI (ataupun jenis lainnya). Beberapa cara tersebut bahkan dapat anda lakukan sendiri tanpa perlu bantuan mekanik bengkel.

Untuk dapat bikin irit Kijang EFI sehingga konsumsi BBMnya lebih hemat, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Apa saja hal tersebut? Hal itu antara lain adalah:

  • Mengapa mobil anda boros BBM? Ketahui penyebab mobil anda boros
  • Bagaimana cara menangani penyebab mobil Kijang EFI jadi boros BBM
  • Dan apa cara terbaik untuk mencegah masalah serupa terulang kembali

Penyebab Kijang EFI Jadi Lebih Boros

Ada beberapa alasan mengapa sebuah mobil Kijang EFI dapat berubah jadi lebih boros. Beberapa alasan tersebut antara lain adalah:

  • Penggunaan AC Mobil yang Berlebihan
    Penggunaan AC mobil dalam jangka waktu lama dan dengan tingkat sangat dingin dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Hal ini terjadi karena untuk menyalakan AC mobil membutuhkan energy listrik yang berasal dari pembakaran BBM.
  • Mobil yang Tidak Pernah Tune Up 

    Tune Up sangatlah penting untuk memastikan kondisi mobil selalu prima selayaknya baru. Namun jika tidak ditune up, penumpukan karbon akan terjadi di dalam mesin mobil. Penumpukan ini akan menyebabkan kinerja mesin menurun.Untuk menstabilan kinerja mesin sesuai standart yang diharapkan, mesin akan bekerja lebih keras. Akibatnya, mobil jadi lebih boros BBM.

  • Tersumbatnya Saluran Bahan BakarAda beberapa alasan mengapa terjadi sumbatan pada saluran bahan bakar. Dapat terjadi karena adanya benda asing, kotoran, ataupun selang yang terjepit.Perbaikan atau servicenya sendiri dapat dilakukan sendiri atau menggunakan tenaga teknisi professional.

Solusi Bikin Irit Kijang EFI Hingga 50%

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang kerap menyebabkan kijang EFI jadi boros BBM, anda pun sudah mendapatkan gambaran perbaikan. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk bikin irit kijang EFI. Solusi itu di antaranya adalah:

  • Melakukan Tune Up Mobil
    Dengan tune up, penurunan efisiensi penggunaan bahan bakar akan dapat teratasi dengan sempurna. Namun tentunya tune up mobil tidak bisa dilakukan di sembarang tempat.Adapun tempat tune up yang direkomendasikan haruslah merupakan tempat dengan mekanik handal, memiliki cairan flushing yang kuat, dan mesin tune up yang canggih. Hal ini untuk memastikan hasil service benar-benar sempurna.
  • Piggyback Pro
    Merupakan solusi membuat kijang EFI jadi jauh lebih irit. Bekerja dengan mensetting sistem ECU mobil, akan memberikan cara kerja ECU yang lebih efisien dan irit.Tidak hanya untuk hemat BBM, Piggyback Pro juga dapat membuat mobil anda jadi lebih bertenaga, memiliki akselerasi yang lebih baik, dan memiliki limit kecepatan yang lebih tinggi.

Walaupun anda mencoba beberapa solusi tersebut, namun ada beberapa kejadian yang menyebabkan langkah-langkah bikin irit ini gagal total. Adapun kejadian tersebut meliputi:

  1. Lalai dalam melakukan tune up secara berkala
  2. Masih sering menggunakan AC mobil secara sembarangan
  3. Kopling dan ring kopling dibiarkan aus
  4. Tidak mau melakukan penggantian spare part pada komponen yang sudah tua
  5. Dan hal-hal lainnya

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, beberapa langkah yang bisa dilakukan di antaranya adalah dengan:

  • Membiasakan diri untuk menjadwalkan waktu untuk tune up mobil EFI
  • Mulai mengurangi penggunaan AC mobil
  • Selalu membersihakn dan menjaga kualitas komponen mobil
  • Melakukan Piggyback Pro
  • Tidak terlalu sering melakukan gonta ganti ECU mobil.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk megatasi masalah boros BBM pada kijang EFI. Jika anda memiliki kritik dan saran seputar artikel “Bikin Irit Kijang EFI” ini, silahkan kirimkan di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *