Penyebab AC Mobil Panas dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Faktor Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Hawa Panas dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Hawa Panas dan Cara Mengatasinya

Saat masalah AC mobil panas terjadi, kenyamanan berkendara akan hilang. Gerah dan jenuh sekitika akan muncul. Ketahui faktor penyebab dan temukan solusinya.

Ada banyak penyebab munculnya masalah ini. Dengan menemukan penyebab, masalah ini dapat diatasi dengan cepat, mudah, murah, dan tidak akan muncul kembali.

Penyebab Utama AC Mobil Mengeluarkan Hawa Panas

Adapun beberapa penyebab AC mobil mengeluarkan hawa panas, bukan hawa dingin, antara lain adalah:

  • Kompresor AC Mobil Kekurangan Oli
    Akibat dari masalah ini, kompresor AC akan cepat panas. Akibatnya, panas mesin kompresor akan merembet ke freon AC mobil.Freon AC yang sudah terkontaminasi panas dari kompresor AC akan menjadikannya kehilangan kemampuan pendinginan. Alih-alih menjadikan hawa di kondensor menjadi dingin, freon justru menjadikan hawa di kondensor terasa panas.

    Solusi masalah ini adalah dengan rajin melakukan ganti oli kompresor secara berkala.

  • Mesin Mobil Mengalami Overheating
    Ada banyak penyebab mesin mobil kepanasan. Salah satunya adalah karena kekurangan oli mesin.Panas mesin dapat merembet ke komponen AC mobil, khususnya kondensor. Naiknya suhu kondensor dapat merusak kualitas pendinginan dari freon AC. Alih-alih menjadikan hawa di kondensor dingin, hawa yang diberikan justru panas dan pengap.

    Solusi masalah ini adalah dengan melakukan service terlebih dahulu ke mesin mobil. Bisa dengan tune up, ganti oli, ataupun tindakan-tindakan lainnya.

  • Evaporator AC Mobil Kotor
    Salah satu penyebab AC mobil panas adalah evaporator AC mobil yang kotor. Terutama jika evaporator sudah dipenuhi debu.Jadi, ketika hawa dingin dihembuskan ke arah evaporator, hawa dingin tersebut terserap oleh debu dan kotoran yang menempel di evaporator. Akibatnya, blower AC mobil hanya mengeluarkan angin.

    Celakanya, angin dari evaporator yang kotor ternyata tidak hanya panas dan membuat gerah, namun juga berbahaya. Karena mengandung virus, bakteri, dan kuman.

    Solusi untuk masalah ini tidaklah sulit. Cukup dengan melakukan cuci evaporator. Anda dapat mencegah masalah ini terjadi dengan secara rutin melakukan cuci evaporator mobil setidaknya 2 bulan sekali.

Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Panas dengan Cepat dan Mudah

Namun tentunya kita tidak ingin mengalami masalah tersebut. Oleh sebab itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal ini. Di antaranya adalah:

  • Selalu Lakukan Perawatan Berkala pada AC mobil

    Perawatan ini meliputi cuci AC, flushing, maupun pengecheckan dan penggantian spare part. Tidak lupa untuk melakukan penggantian oli kompresor AC setidaknya setiap antara 20 ribu sampai 40 ribu kilometer.

  • Hindari Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Masalah Ini

    Ada beberapa kebiasaan pengemudi ataupun penumpang yang dapat memicu masalah ini. Di antaranya adalah merokok di dalam mobil, makan dan minum di dalam, dan sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari.

Dokter Mobil

Tetapi apapun kasusnya, masalah AC mobil yang hanya mengeluarkan hawa panas ini patut segera diatasi. Jangan sampai anda baru mencari bengkel ketika masalah sudah merembet ke mana-mana.

Jika anda membutuhkan jasa Dokter Mobil, silahkan kunjungi cabang Dokter Mobil yang terdekat di bawah ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Apapun mobilnya, solusi untuk masalah AC mobil panas cuma ada di Dokter Mobil. Lakukan pengecheckan dan service sekarang juga. Sebelum kerusakan semakin meluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *