Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Memperbaikinya

Penyebab dan Akibat AC Mobil Tidak Dingin serta Penanganannya

Penyebab dan Akibat AC Mobil Tidak Dingin serta Penanganannya

Keluhan seperti AC mobil tidak dingin sebenarnya terjadi karena banyak faktor. Namun yang paling sering adalah karena kerusakan part.

Ada beberapa penyebab munculnya masalah ini. Beberapa sebab tersebut antara lain adalah:

  • Berkurangnya Kualitas Freon AC Mobil

    Seiring waktu, kualitas Freon AC mobil akan semakin berkurang. Terutama jika sering terpapar panas matahari, mesin, ataupun saluran pembakaran (knalpot).

    Solusi untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan melakukan flushing atau ganti freon. Namun sebaiknya lakukan juga pengecheckan apa penyebab berkurangnya kualitas freon.

    Selain sering terpapar panas, ada beberapa faktor lain penyebab berkurangnya kualitas zat pendingin mobil ini. Beberapa di antaranya adalah kemasukan kotoran, ataupun karena kualitas freon mobil anda memang kurang layak.

    Oleh sebab itu, pilihlah bengkel AC mobil yang memberikan isi ulang freon dengan freon yang 100% baru, bersih, dan berkualitas.

  • Berkurangnya Volume Freon AC Mobil

    Selain karena kualitas freon yang semakin jelek, penyebab lain dari AC mobil tidak dingin adalah berkurangnya volume freon AC mobil. Berkurang atau habisnya freon AC mobil disebabkan adanya kebocoran pada saluran AC mobil.

    Ada beberapa bagian AC mobil yang kerap mengalami kebocoran, yaitu kompresor AC mobil yang retak, selang yang bisa rembes, ataupun klep seal sambungan yang tidak tersambung dengan baik.

    Banyak bengkel AC mobil yang hanya menawarkan isi ulang freon untuk mengatasi masalah AC mobil tidak dingin. Hal ini tidaklah salah. Namun kurang efektif karena kebocoran freon akan tetap ada. Oleh sebab itu, sangat penting untuk meminta bengkel melakukan pengecheckan sumber kebocoran. Dan mintalah bengkel untuk melakukan penambalan.

  • Kerusakan Spare Part AC Mobil

    Faktor lain penyebab AC mobil tidak dingin adalah adanya kerusakan pada salah satu komponen AC mobil. Ada beberapa komponen yang sering menjadi penyebab.

    Magnetic Clutch, adalah piringan magnet yang bertugas untuk mengatur perputaran pada kompresor AC mobil. Spare part ini sering kali kehilangan daya magnetismnya. Akibatnya, kompresor AC menjadi tidak berputar dan tidak mampu bekerja memerintahkan kondensor menghasilkan hawa dingin.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti magnetic clutch dengan yang baru. Harganya berbeda-beda tergantung pada jenis mobil anda, merk dan kualitas magnetic clutch, dan kebijakan harga bengkel.

    Fan Belt, adalah sebuah sabuk yang menghubungkan perputaran pada mesin mobil dengan kompresor AC. Biasanya fan belt ini mengalami masalah seperti copot dari tempatnya, longgar, ataupun putus.

    Solusi untuk masalah fan belt sangatlah mudah. Anda cukup mengganti fan belt, atau memasangkan yang lama ke posisi semula (jika fan belt masih bagus).

Dokter Mobil | Bengkel Spesialis AC Mobil Tidak Dingin

Namun tentu saja, solusi-solusi di atas tidak mudah untuk dilakukan tanpa memiliki alat, dan kemampuan bongkar pasang yang baik. Oleh sebab itu, disarankan untuk memperbaiki masalah ini dengan mengunjungi bengkel AC mobil yang terpercaya.

Jika anda membutuhkan jasa service AC mobil, silahkan kunjungi cabang Dokter Mobil yang terdekat di bawah ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Apapun mobilnya, solusi untuk masalah AC mobil tidak dingin ya cuma ada di Dokter Mobil. Solusi untuk setiap masalah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *